Fashion Show “Istana Berbatik” Meriahkan Hari Batik Nasional

- Author

Senin, 2 Oktober 2023 - 18:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Fashion Show Istana Berbatik 2023

Fashion Show Istana Berbatik 2023

galeriinvestasi.com – Jakarta, 1 Oktober 2023 – Fashion show megah “Istana Berbatik” digelar di depan Istana Merdeka Jakarta. Acara bergengsi ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian BUMN, dengan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, BUMN, BUMD DKI Jakarta, sektor swasta, dan komunitas.

Hadirnya Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana, beserta Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Estu Handayani di acara “Istana Berbatik” menjadi bukti komitmen untuk terus menjaga warisan budaya Indonesia yang berharga, yaitu batik.

Perhelatan spektakuler ini juga bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para desainer lokal serta mempromosikan kekayaan budaya Indonesia guna mendorong kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Batik, yang melibatkan teknik pembuatan pola rumit dengan lilin dan pewarna, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia selama berabad-abad.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bapak Presiden Jokowidodo di Istana Merdeka Jakarta untuk merayakan Hari Batik Nasional
Bapak Presiden Jokowidodo di Istana Merdeka Jakarta untuk merayakan Hari Batik Nasional

Presiden menekankan, “Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki Batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa. Tapi merupakan warisan budaya tak benda dunia.” Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai batik sebagai warisan tradisi dan budaya asli Tanah Air melalui event “Istana Berbatik”.

Acara “Istana Berbatik” menghadirkan fashion show yang melibatkan 506 peraga, termasuk Menteri dan Wakil Menteri beserta pasangan mereka, gubernur dari seluruh provinsi, Duta Besar negara sahabat, perwakilan BUMN, perwakilan dari Kraton Yogyakarta, Solo, dan Cirebon, model profesional, serta public figure terkemuka.

Selain fashion show, acara ini juga menampilkan penampilan dari musisi ternama seperti Rossa, Soegi Bornean, Novia Bachmid, Mirabeth, Olivia, serta dipandu oleh MC multitalenta Raffi Ahmad dan Astrid Tiar.

Fashion show “Istana Berbatik” memberikan platform bagi para desainer lokal dan seniman batik untuk memamerkan karya terbaik mereka. Dukungan terhadap mereka merupakan langkah nyata dalam memberdayakan batik dan industri mode Indonesia, mendorong peningkatan kreativitas, inovasi, serta memperkenalkan kekhasan budaya Indonesia ke tingkat internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menjelaskan bahwa Indonesia memiliki beragam batik dengan motif dan makna yang berbeda-beda, yang tersebar di berbagai daerah. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak berbagai lapisan masyarakat agar dapat mencintai dan melestarikan budaya Indonesia, dalam hal ini batik sebagai warisan budaya bangsa yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Batik sendiri merupakan entitas budaya bangsa yang tidak hanya milik suku tertentu, namun menjadi milik nusantara,” ujar Sandiaga.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, selaku Ketua Penyelenggara “Istana Berbatik,” menegaskan bahwa acara ini bukan sekadar seremonial untuk memperingati Hari Batik Nasional, melainkan juga untuk menunjukkan kekayaan warisan budaya Indonesia. “Kami merancang (event) ini dengan tujuan untuk menyampaikan pesan bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia yang tak lekang oleh waktu, terus relevan dari masa ke masa dengan dukungan masyarakat Indonesia yang senantiasa memakai batik dan mempromosikannya ke pasar internasional,” kata Angela.

Sebanyak 3190 undangan menghadiri acara ini, terdiri dari Menteri dan Wakil Menteri, BUMN, Gubernur, Duta Besar, Budayawan, Public Figure, komunitas, dan masyarakat umum. Acara “Istana Berbatik” bertujuan meningkatkan pemahaman dan kebanggaan masyarakat terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia, serta memberikan kesempatan bagi industri mode lokal untuk semakin berkembang dan mengangkat pesona batik ke panggung mode dunia.

Sumber: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – Kemenparekraf

Komentar Menggunakan Akun FB

Berita Terkait

LAPORAN KEJADIAN POSKO SIAGA BANJIR LONGSOR DAN BENCANA LAINYA TAHUN 2023/2024
UT Cepu Fest : Merangkai Tiga Event dalam Satu Moment
Siswa SMK Bersaing di Simulasi SNBT Muda JobFair Cepu
Bupati Blora Ajak Cepu Jadi Pusat Pelatihan dan Vokasi
Investasi Jangka Panjang Beserta Tujuan dan Contohnya
Bandara Ngloram Siap Melayani Penerbangan Umrah
Presiden Joko Widodo Resmikan KCJB “WHOOSH”
Ini Rahasia Besar yang Akan Mengubah Dunia E-Commerce! Menteri Perdagangan Bongkar Rencana Terbaru untuk TikTok Shop!
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 11 Maret 2024 - 10:22 WIB

Mahasiswa IAI Al Muhammad Cepu Gandeng UMKM Randublatung

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:54 WIB

PKBM Cahaya Bangsa Cepu Blora Menggelar Pelatihan Tata Boga

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:47 WIB

Pendampingan persiapan perkuliahan UT Pokjar Cepu angkatan 2024.1

Selasa, 5 Desember 2023 - 12:41 WIB

UT Cepu Fest : Merangkai Tiga Event dalam Satu Moment

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:17 WIB

Rahasia Sukses Bisnis Digital Terungkap! Seminar Ini Akan Mengubah Hidup Anda

Jumat, 6 Oktober 2023 - 15:33 WIB

Bandara Ngloram Siap Melayani Penerbangan Umrah

Senin, 25 September 2023 - 21:02 WIB

Ini Rahasia Besar yang Akan Mengubah Dunia E-Commerce! Menteri Perdagangan Bongkar Rencana Terbaru untuk TikTok Shop!

Jumat, 22 September 2023 - 15:11 WIB

Pertamina Dukung Pemberdayaan UMKM dengan PLTS di Tuban

Berita Terbaru