Mengenal Instrumen Investasi Obligasi Korporasi dan Pemerintah: Risiko Rendah, Nilai Investasi Stabil

- Author

Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mengenal Instrumen Investasi Obligasi Korporasi dan Pemerintah

Mengenal Instrumen Investasi Obligasi Korporasi dan Pemerintah

galeriinvestasi.com – Jakarta – Bagi mereka yang tertarik berinvestasi di pasar modal, terdapat beragam instrumen investasi selain saham yang bisa diambil. Dua di antara instrumen tersebut adalah obligasi korporasi dan obligasi pemerintah. Obligasi korporasi diterbitkan oleh perusahaan swasta, BUMD, atau BUMN, sementara obligasi pemerintah diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Obligasi korporasi memiliki beberapa jenis, di antaranya obligasi dengan kupon tetap, obligasi dengan kupon variabel, dan obligasi dengan prinsip syariah. Sementara itu, obligasi pemerintah juga memiliki berbagai variasi, seperti obligasi dengan kupon tetap (seri FR – Fixed Rate), obligasi dengan kupon variabel (seri VR – Variable Rate), dan obligasi dengan prinsip syariah atau Sukuk Negara.

Bagi investor yang tertarik, obligasi korporasi dan pemerintah dapat dibeli baik di pasar perdana maupun di pasar sekunder. Apabila investor berencana menjual sebelum jatuh tempo, mereka dapat melakukannya di pasar sekunder atau melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan bantuan perusahaan sekuritas atau market maker bank.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Obligasi dikenal sebagai instrumen investasi dengan risiko yang relatif rendah, meskipun return yang dihasilkan biasanya tidak sebesar investasi berisiko tinggi seperti saham. Namun, banyak investor yang tertarik dengan obligasi karena mampu mengimbangi risiko dari investasi saham. Menurut kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan.

Mayoritas pembeli obligasi korporasi dan pemerintah adalah investor institusi seperti manajer investasi yang mengelola reksa dana pendapatan tetap atau discretionary fund, dana pensiun, perusahaan asuransi, dan institusi lainnya. Bagi investor individu, terdapat juga obligasi ritel atau Sukuk Ritel (SUN syariah) yang memungkinkan pembelian dengan nilai nominal lebih kecil.

Keunggulan obligasi terletak pada stabilitas nilai investasi dan risiko yang rendah. Oleh karena itu, instrumen investasi ini cocok bagi investor dengan profil konservatif yang menghindari risiko besar. Terdapat empat keuntungan utama dari berinvestasi dalam obligasi: pertama, kupon dengan potensi nilai lebih tinggi daripada bunga deposito; kedua, kemungkinan mendapatkan capital gain melalui perdagangan di pasar sekunder; ketiga, risiko yang lebih rendah dibandingkan saham; dan keempat, variasi seri obligasi yang dapat dipilih di pasar sekunder.

Tidak hanya itu, obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dijamin oleh Undang-Undang No.24 tahun 2022 Tentang Surat Utang Negara, menjamin pembayaran bunga dan pokok sesuai dengan masa berlaku. Sementara itu, obligasi korporasi memiliki risiko yang lebih tinggi dan bergantung pada kinerja penerbit obligasi serta rating perusahaan.

Rating perusahaan menjadi faktor penting dalam pembelian obligasi korporasi, di mana semakin tinggi rating perusahaan, semakin rendah imbal hasil atau kupon bunga yang diberikan. Sebaliknya, semakin rendah rating obligasi, semakin tinggi kupon bunga yang diberikan, namun juga membawa risiko investasi yang lebih besar.

Jika diambil kesimpulan, obligasi adalah surat utang yang memberikan janji pembayaran bunga (kupon) dalam periode tertentu dan melunasi pokok utang pada akhir waktu yang telah ditetapkan. Ini merupakan investasi efek berpendapatan tetap yang menyediakan pertumbuhan nilai investasi yang stabil dengan risiko yang relatif lebih rendah dibandingkan saham.

Sumber: IDX – Bursa Efek Indonesia

Komentar Menggunakan Akun FB

Berita Terkait

Grand Opening Cepu Raya Mart: Alternatif belanja dengan harga murah di kota Cepu
Rahasia Sukses Bisnis Digital Terungkap! Seminar Ini Akan Mengubah Hidup Anda
Investasi Jangka Panjang Beserta Tujuan dan Contohnya
Ini Rahasia Besar yang Akan Mengubah Dunia E-Commerce! Menteri Perdagangan Bongkar Rencana Terbaru untuk TikTok Shop!
Investasi Bodong Harus Dikenali: Lindungi Diri dari Penipuan
Investasi Saham dan Reksa Dana: Pilihan Bijak Investor Pemula
Pasar Saerah Kudus Bakal Jadi Pasar Sayur dan Buah Terbesar di Pantura Timur
Pengembangan Ide dan Peluang Usaha bagi Pebisnis Pemula
Berita ini 15 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 11 Maret 2024 - 10:22 WIB

Mahasiswa IAI Al Muhammad Cepu Gandeng UMKM Randublatung

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:54 WIB

PKBM Cahaya Bangsa Cepu Blora Menggelar Pelatihan Tata Boga

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:47 WIB

Pendampingan persiapan perkuliahan UT Pokjar Cepu angkatan 2024.1

Selasa, 5 Desember 2023 - 12:41 WIB

UT Cepu Fest : Merangkai Tiga Event dalam Satu Moment

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:17 WIB

Rahasia Sukses Bisnis Digital Terungkap! Seminar Ini Akan Mengubah Hidup Anda

Jumat, 6 Oktober 2023 - 15:33 WIB

Bandara Ngloram Siap Melayani Penerbangan Umrah

Senin, 25 September 2023 - 21:02 WIB

Ini Rahasia Besar yang Akan Mengubah Dunia E-Commerce! Menteri Perdagangan Bongkar Rencana Terbaru untuk TikTok Shop!

Jumat, 22 September 2023 - 15:11 WIB

Pertamina Dukung Pemberdayaan UMKM dengan PLTS di Tuban

Berita Terbaru