Sego Pecel Pawon Mbah Minah: Kuliner Blora Wajib Dikunjungi

- Author

Selasa, 19 September 2023 - 12:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sego pecel pawon mbah Minah

Sego pecel pawon mbah Minah

galeriinvestasi.comBlora, 19 September 2023 –  Sego Pecel Pawon Mbah Minah di gang Kutilang Kelurahan Wulung, Kecamatan Randublatung, Blora, merupakan salah satu tempat kuliner paling terkenal di Blora. Terutama pada pagi hari dengan nuansa pedesaan yang khas. Menikmati sego pecel di dapur tradisional yang dibungkus daun jati adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Pemandangan tungku api untuk menggoreng tempe yang terdapat di lokasi menambah daya tarik tersendiri. Pawon Mbah Minah hanya buka pada pagi hari, mulai pukul 06.00 WIB hingga habis biasanya sekitar pukul 08.00 WIB.

Tempat ini telah mendapatkan banyak komentar positif di berbagai platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Video yang diunggah oleh beberapa akun bahkan telah ditonton oleh lebih dari 800 ribu penonton, yang pasti meningkatkan ketertarikan untuk berkunjung.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Meskipun lokasinya agak masuk sekitar 200 meter dari jalan raya Randublatung dan berada di dalam gang Kutilang Kelurahan Wulung, Kecamatan Randublatung, namun hal ini tidak menyulitkan para pecinta nasi pecel untuk menemukannya. Terlebih lagi, teknologi Google Maps dan media sosial kini memudahkan untuk menemukan lokasinya.

Bahkan Bupati Blora, H. Arief Rohman, seringkali datang ke sini untuk menikmati sego pecel langsung di Pawon Mbah Minah Randublatung. Seperti yang terjadi pada Minggu pagi (17/9/23), Bupati Arief menikmati nasi pecel pincuk daun jati bersama Corporate Secretary PT Sukun, Wartono Indonesia Deka Hendratmanto. Keduanya menikmati tempe goreng yang masih anget dan duduk bersebelahan di kursi kayu sambil menikmati hidangan.

Sebelum menikmati sego pecel, Bupati Arief bahkan ikut menggoreng tempe di atas tungku penggorengan yang menggunakan kayu bakar. Ia sangat menikmati hidangan pecel lengkap dengan nasi di atas daun jati, sayuran daun ketela (dong telo), toge, kacang panjang, mlanding lamtoro, hingga ale. Semua ini disiram dengan sambel pecel khas bikinan Pawon Mbah Minah.

“Saya sudah beberapa kali di sini, memang bikin ketagihan. Enak ini ada alenya (kecambah mlanding). Jadinya lebih sedap, maknyus. Bagi warga Blora yang sedang berada di Randublatung, jangan lupa mampir kesini,” ujar Bupati.

Sambil menikmati hidangan, Bupati juga berbincang dengan Mbah Sulasmi dan para anak cucunya yang membantu di dapur Pawon Mbah Minah. Ia memuji Mbah Sulasmi yang merupakan generasi kedua dari Mbah Minah.

Corporate Secretary PT Sukun, Wartono Indonesia Deka Hendratmanto, juga mengungkapkan perbedaan dengan pecel yang ada di Kudus. Ia menyebut bahwa pecel di sini memiliki ciri khas tersendiri, seperti adanya alenya (kecambah mlanding), pete, dan tempe goreng yang istimewa langsung dari penggorengan.

Sementara itu, Antomi, anak menantu yang mengelola akun Instagram @pawon_mbah_minah, mengakui bahwa sejak liburan lebaran hingga sekarang, banyak pembeli dari luar kota yang datang. Bahkan ada yang memesan sambel pecel kering sebagai oleh-oleh.

“Alhamdulillah, berkat promosi di media sosial dan dukungan Pak Bupati dalam promosi, sego pecel buatan simbah [nenek] menjadi terkenal. Banyak yang datang dari luar kota setelah penasaran melihat promosinya,” ungkap Antomi.

Antomi juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Corporate Secretary PT Sukun, Wartono Indonesia, yang telah berkunjung dan menikmati sego pecel di Pawon Mbah Minah. Semoga dukungan ini akan membantu perkembangan UKM kuliner di Blora.

Sumber: Pemkab Blora

Komentar Menggunakan Akun FB

Berita Terkait

Mahasiswa IAI Al Muhammad Cepu Gandeng UMKM Randublatung
LAPORAN KEJADIAN POSKO SIAGA BANJIR LONGSOR DAN BENCANA LAINYA TAHUN 2023/2024
PKBM Cahaya Bangsa Cepu Blora Menggelar Pelatihan Tata Boga
Hasil Pemilu DPRD Blora Dapil 2 2024, Mahasiswa UT Pokjar Cepu Lakukan Riset
Grand Opening Cepu Raya Mart: Alternatif belanja dengan harga murah di kota Cepu
UT Cepu Fest : Merangkai Tiga Event dalam Satu Moment
Bandara Ngloram Siap Melayani Penerbangan Umrah
Fashion Show “Istana Berbatik” Meriahkan Hari Batik Nasional
Berita ini 2,682 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 11 Maret 2024 - 10:22 WIB

Mahasiswa IAI Al Muhammad Cepu Gandeng UMKM Randublatung

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:54 WIB

PKBM Cahaya Bangsa Cepu Blora Menggelar Pelatihan Tata Boga

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:47 WIB

Pendampingan persiapan perkuliahan UT Pokjar Cepu angkatan 2024.1

Selasa, 5 Desember 2023 - 12:41 WIB

UT Cepu Fest : Merangkai Tiga Event dalam Satu Moment

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:17 WIB

Rahasia Sukses Bisnis Digital Terungkap! Seminar Ini Akan Mengubah Hidup Anda

Jumat, 6 Oktober 2023 - 15:33 WIB

Bandara Ngloram Siap Melayani Penerbangan Umrah

Senin, 25 September 2023 - 21:02 WIB

Ini Rahasia Besar yang Akan Mengubah Dunia E-Commerce! Menteri Perdagangan Bongkar Rencana Terbaru untuk TikTok Shop!

Jumat, 22 September 2023 - 15:11 WIB

Pertamina Dukung Pemberdayaan UMKM dengan PLTS di Tuban

Berita Terbaru