Pertamina Dukung Pemberdayaan UMKM dengan PLTS di Tuban

- Author

Jumat, 22 September 2023 - 15:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pertamina

Pertamina

galeriinvestasi.comTuban, Jawa Timur – PT Pertamina (Persero), melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur (Jatim), Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) Fuel Terminal Tuban, berperan aktif dalam memberikan edukasi tentang pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Program ini menjadi kelanjutan dari inisiatif Desa Energi Berdikari di Desa Tasikharjo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pemerintah di wilayah Tasikharjo mengimplementasikan energi terbarukan PLTS untuk mendukung prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Sebanyak 35 penerima manfaat energi terbarukan PLTS melalui program Ekonomi Kreatif Tasikharjo (Ekokraf Asik) telah terlibat dalam inisiatif ini. Program ini memiliki tiga fokus utama yang berkaitan erat dengan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yaitu UMKM Batik Sekar Tanjung, Jahit Sekar Tanjung, dan Ethical Creative Tasikharjo.

Adriansyah, Manager Fuel Terminal Tuban, menjelaskan bahwa pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) memiliki potensi besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan energi yang terjangkau dan memanfaatkan sumber daya alam Indonesia. Dia menambahkan, “Salah satunya dengan memaksimalkan transisi energi guna membantu pelaku usaha untuk berinovasi mengembangkan produk sekaligus melindungi lingkungan.”

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Adriansyah, EBT telah mendukung berbagai inisiatif seperti reverse osmosis dan pengolahan limbah komunal berkelanjutan melalui konsep reduce, reuse, dan recycle (3R). PLTS dengan kapasitas 6,54 kilowatt-peak (kWp) mampu menghasilkan listrik hingga 10.241 kilowatt-hour (kWh) per tahun. Baterai lithium dengan muatan 10 kWh mendukung energi terbarukan ini, yang mampu menghemat biaya listrik sebesar Rp 15 juta per tahun. PLTS memiliki kemampuan untuk mengurangi emisi karbon hingga 8.502 kilogram (kg) karbondioksida (CO2) ekuivalen (eq) per tahun.

PLTS dalam Program Desa Berdikari

Program Desa Berdikari sebelumnya telah berhasil memanfaatkan beragam sumber energi terbarukan, termasuk PLTS, energi biogas, gas metana, energi microhydro, energi biodiesel, dan energi hibrida PLTS dan angin. Susiani, salah satu warga Desa Tasikharjo, menyatakan, “Melalui energi terbarukan, pergerakan produktivitas UMKM Desa Tasikharjo semakin berkembang. Kami jadi punya wawasan terkait pemanfaatan energi yang ramah lingkungan, sehingga kami dapat terus melestarikan lingkungan di desa kami.”

Program Desa Berdikari telah memulai pemanfaatan energi PLTS sejak tahun 2019 dan berhasil mengurangi emisi karbon hingga 565.928 ton CO2 eq per tahun. Selain itu, program ini berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan energi masyarakat dan berdampak positif pada perekonomian 3.201 kepala keluarga (KK) dengan total multiplier effect sebesar Rp 1,8 miliar per tahun. Dengan upaya seperti ini, potensi ekonomi dan produk-produk UMKM di wilayah tersebut dapat semakin ditingkatkan.

Area Manager Comm Rel dan Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi, menjelaskan bahwa program TJSL Pertamina sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh pemerintah.”SDGs poin keenam tentang air bersih dan sanitasi layak, poin ketujuh tentang energi bersih dan terjangkau, poin kedelapan tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, dan poin ke-13 tentang penanganan perubahan iklim selaras dengan program yang kami jalankan. Hal ini sebagai upaya Pertamina untuk mendukung Net Zero Emission (NZE) 2060,” kata Ahad.

Sumber: Kompas

Komentar Menggunakan Akun FB

Berita Terkait

Mahasiswa IAI Al Muhammad Cepu Gandeng UMKM Randublatung
PKBM Cahaya Bangsa Cepu Blora Menggelar Pelatihan Tata Boga
Grand Opening Cepu Raya Mart: Alternatif belanja dengan harga murah di kota Cepu
Sego Pecel Pawon Mbah Minah: Kuliner Blora Wajib Dikunjungi
UMKM Bertransformasi ke Era Digital dalam Layanan Keuangan
Gebyar Jalan Sehat Balun Berkontribusi dalam Peningkatan Geliat Ekonomi Masyarakat
Karnaval Cepu Membangkitkan Semangat UMKM
Tiga Hari Lagi, Kabupaten Blora Siap Gelar Pesta Makan Besar dengan 8.330 Sego Berkat Godong Jati untuk Pecahkan Rekor MURI
Berita ini 1,582 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Senin, 11 Maret 2024 - 10:22 WIB

Mahasiswa IAI Al Muhammad Cepu Gandeng UMKM Randublatung

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:54 WIB

PKBM Cahaya Bangsa Cepu Blora Menggelar Pelatihan Tata Boga

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:47 WIB

Pendampingan persiapan perkuliahan UT Pokjar Cepu angkatan 2024.1

Selasa, 5 Desember 2023 - 12:41 WIB

UT Cepu Fest : Merangkai Tiga Event dalam Satu Moment

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:17 WIB

Rahasia Sukses Bisnis Digital Terungkap! Seminar Ini Akan Mengubah Hidup Anda

Jumat, 6 Oktober 2023 - 15:33 WIB

Bandara Ngloram Siap Melayani Penerbangan Umrah

Senin, 25 September 2023 - 21:02 WIB

Ini Rahasia Besar yang Akan Mengubah Dunia E-Commerce! Menteri Perdagangan Bongkar Rencana Terbaru untuk TikTok Shop!

Jumat, 22 September 2023 - 15:11 WIB

Pertamina Dukung Pemberdayaan UMKM dengan PLTS di Tuban

Berita Terbaru