HUT ke-78 RI: Rekor Dunia Terpecahkan di Blora Berkat Semangat Samin dan Sego Berkat

- Author

Kamis, 17 Agustus 2023 - 13:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Warga Blora hadiri acara gas deso 2023

Warga Blora hadiri acara gas deso 2023

galeriinvestasi.comBlora, 16 Agustus 2023 – Masyarakat Kabupaten Blora memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia dengan semarak di Jalan Pemuda pada Rabu (16/8/2023). Dalam suasana yang penuh semangat, mereka mengenakan pakaian adat khas Samin, lengkap dengan penutup kepala serba hitam.

Namun, ada yang lebih istimewa dalam perayaan kali ini. Selain pakaian serba hitam, masyarakat juga membawa buntelan sego berkat yang dibungkus dengan daun jati, serta air mineral dalam botol plastik. Sebelum acara dimulai, para warga terlihat sibuk menyiapkan sego berkat, seperti yang dilakukan oleh Yuni Rahayu, warga Kecamatan Blora kota, yang menerima banyak pesanan untuk sego berkat bungkus godong jati.

Antusiasme yang luar biasa dari masyarakat juga terlihat dalam pernyataan Bupati Blora, H Arief Rohman, melalui akun Instagram @ariefrohman838. Ia menyampaikan kekagumannya terhadap antusiasme yang melebihi prediksi mereka dalam acara Gas Desa Bumi Blora dalam menyambut HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam pernyataannya, Bupati Arief Rohman menjelaskan bahwa target sekitar 7.800 bungkus daun jati untuk sego berkat ternyata berhasil mencapai angka luar biasa, yaitu 9.640 bungkus. Namun demikian, banyak masyarakat yang masih belum mendapatkan bagian dari hidangan tersebut. Diperkirakan lebih dari 10 ribu orang hadir di sepanjang Jalan Pemuda, dengan sekitar 5.700 orang mengenakan pakaian adat Samin serba hitam.

Keberhasilan acara ini juga menciptakan dampak positif ekonomi lokal, di mana jasa katering, daun jati, dan perajin baju adat Samin laris terjual. Kearifan lokal Blora pun terangkat dan masyarakat merasakan kegembiraan dalam kesempatan untuk berbagi sego berkat. Bupati Arief Rohman juga mengekspresikan apresiasi dan cintanya kepada Blora.

Puncak dari perayaan tersebut adalah konsep acara Gas Deso Kabupaten yang mengusung semangat kebersamaan. Di tengah semarak, 9.640 buntelan sego berkat godong jati disajikan untuk dinikmati oleh peserta perayaan. Sejumlah 5.731 peserta masyarakat dari berbagai lapisan turut merayakan dalam pakaian adat Samin serba hitam, menciptakan pemandangan yang memukau.

Prestasi gemilang tercapai di tengah semarak perayaan. Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan rekor dunia untuk perayaan ini. Selain itu, acara ini juga menggambarkan simbol persatuan dan semangat dalam sebuah aksi pengumpulan air dan tanah dari 295 desa/kelurahan se-Kabupaten Blora. Tidak hanya sekadar ritual, hal ini melambangkan semangat Sesarengan mBangun Blora yang tak pernah terlihat sebelumnya.

Bupati Blora
Bupati Blora

Bupati Blora, H Arief Rohman, yang turut hadir dalam acara ini, menjelaskan bahwa perayaan HUT Kemerdekaan RI kali ini dihadirkan dengan konsep yang baru dan berbeda. Acara Gas Deso ini mencerminkan nilai-nilai budaya tak benda yang kental, seperti kebersamaan dan keikhlasan dalam memberi dan menerima.

Dalam suasana yang penuh kehangatan, masyarakat duduk bersila sepanjang Jalan Pemuda Blora, membawa 9.640 buntelan nasi berkat yang dibungkus dengan daun jati. Sebuah pencapaian di luar dugaan, karena jumlah nasi berkat dan peserta melebihi prediksi awal.

Gus Arief, panggilan akrab Bupati Blora, menjelaskan bahwa Gas Deso di Kabupaten Blora melibatkan 369 dinas/instansi/lembaga/kecamatan/pemerintah desa/kelurahan. Semua unsur pemerintahan, sektor swasta, tokoh masyarakat, dan warga umum turut hadir, semuanya mengenakan pakaian adat Samin.

Bupati Blora juga mengucapkan terima kasih kepada Museum Rekor Indonesia (MURI) yang telah mendokumentasikan dan mencatatkan perayaan HUT RI ke-78 ini sebagai rekor dunia. Gus Arief berharap perayaan ini bisa menjadi pemecah rekor yang membanggakan. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Blora atas dukungan mereka dalam mewujudkan pemerintahan yang berkualitas dan lebih baik.

Komentar Menggunakan Akun FB

Berita Terkait

LAPORAN KEJADIAN POSKO SIAGA BANJIR LONGSOR DAN BENCANA LAINYA TAHUN 2023/2024
Hasil Pemilu DPRD Blora Dapil 2 2024, Mahasiswa UT Pokjar Cepu Lakukan Riset
UT Cepu Fest : Merangkai Tiga Event dalam Satu Moment
Bandara Ngloram Siap Melayani Penerbangan Umrah
Presiden Joko Widodo Resmikan KCJB “WHOOSH”
Fashion Show “Istana Berbatik” Meriahkan Hari Batik Nasional
Sego Pecel Pawon Mbah Minah: Kuliner Blora Wajib Dikunjungi
Pengembangan Ide dan Peluang Usaha bagi Pebisnis Pemula
Berita ini 34 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 11 Maret 2024 - 10:22 WIB

Mahasiswa IAI Al Muhammad Cepu Gandeng UMKM Randublatung

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:54 WIB

PKBM Cahaya Bangsa Cepu Blora Menggelar Pelatihan Tata Boga

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:47 WIB

Pendampingan persiapan perkuliahan UT Pokjar Cepu angkatan 2024.1

Selasa, 5 Desember 2023 - 12:41 WIB

UT Cepu Fest : Merangkai Tiga Event dalam Satu Moment

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:17 WIB

Rahasia Sukses Bisnis Digital Terungkap! Seminar Ini Akan Mengubah Hidup Anda

Jumat, 6 Oktober 2023 - 15:33 WIB

Bandara Ngloram Siap Melayani Penerbangan Umrah

Senin, 25 September 2023 - 21:02 WIB

Ini Rahasia Besar yang Akan Mengubah Dunia E-Commerce! Menteri Perdagangan Bongkar Rencana Terbaru untuk TikTok Shop!

Jumat, 22 September 2023 - 15:11 WIB

Pertamina Dukung Pemberdayaan UMKM dengan PLTS di Tuban

Berita Terbaru